Audiensi Forum Anak DIY di Sekretariat Jenderal DPD RI

Posted Posted by admin in Alam, Pendidikan, Sosbud     Comments No Comments
Oct
11

Jakarta, dpd.go.id – Forum Anak Daerah Istimewa Yogyakarta mengunjungi kantor DPD RI di Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (10/10/2012). Tujuan utamanya adalah untuk melakukan audiensi dan mengenal DPD lebih jauh. Di Pressroom DPD RI, rombongan Forum Anak diterima dengan hangat oleh Kepala Pusat Kajian Daerah, Herry Yuherman dengan didampingi oleh Kepala Bidang Data Pusat Data dan Informasi, Susi Sulistyowati dan Kepala Subbidang Pemberitaan, Candra Kirana.

Forum Anak merupakan sebuah organisasi yang diharapkan mampu menjadi media penyaluran aspirasi anak. Di bawah bimbingan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Forum Anak melakukan banyak kegiatan mulai dari tingkat RW, dusun, desa, kabupaten, provinsi, hingga nasional. Seperti yang dituturkan oleh salah seorang anggota Forum Anak, Irma, kegiatan Forum Anak di antaranya adalah meneruskan aspirasi anak, membina anak, serta menyeleksi anak untuk mengikuti kegiatan Forum Anak Nasional.

“Kami juga menyelenggarakan kongres anak di setiap kabupaten yang kemudian diseleksi untuk mengikuti kongres tingkat provinsi hingga nasional. Seleksi tersebut kami lakukan sendiri tanpa bantuan orang tua, kami melihat dari segi diskusi, presentasi, dan kepedulian terhadap anak,” peserta lain dari Gunung Kidul, Jaseline, menambahkan.

Pendampingan anak di sanggar anak juga mereka lakukan untuk meningkatkan kreativitas anak seperti menari dan membaca/mendongeng. Salah satu cita-cita yang digagas oleh Forum Anak adalah mewujudkan Desa Ramah Anak dengan melakukan sosialisasi dan membentuk forum anak di dusun dan desa. Tidak hanya itu saja, Forum Anak bahkan pernah mengikuti Musrenbang Kabupaten dan beberapa kali melakukan audiensi di DPRD.

Namun begitu, kegiatan Forum Anak bukan berarti tanpa hambatan. Mereka telah terbiasa jatuh-bangun merekrut anggota yang tidak jarang pergi tanpa berita. Fluktuasi semangat yang ada kalanya naik dan turun pun juga pernah mereka rasakan. Karenanya, Ketua Forum Anak DIY, Arsyad, memberanikan diri meminta saran dan masukan agar hambatan tersebut dapat mereka hadapi.

Menurut Herry Yuherman, apa yang telah dilakukan Forum Anak merupakan hal yang sangat luar biasa. Untuk itu, Herry menyemangati mereka untuk selalu bersyukur atas prestasi luar biasa yang telah mereka raih. “Bekali diri kalian dengan ilmu sebagai pegangan hidup. Pendidikan sekarang ini minimal S2, jika perlu pergilah ke luar negeri. Jika ada niat dan usaha, saya yakin pasti bisa,” ujar Herry. Selain itu, dirinya juga memberikan saran agar Forum Anak selalu melakukan konsolidasi dalam setiap forum mereka agar kekompakan dan kebersamaan tetap terjaga. (af)

http://dpd.go.id/2012/10/audiensi-forum-anak-diy-di-sekretariat-jenderal-dpd-ri/

Comments are closed.